Friday, April 13, 2012

TAHALLUL

Begitu satu persatu tahapan Umrah selesai, terahir saya melakukan tahallul bersama Pak Ridawan dan Rama. Dimulai dengan Pak Ridwan mencukur sedikit rambutnya kemudian dilanjutkan dengan mencukur rambut saya dan Rama.

Tahallul adalah suatu keadaan dimana telah dihalalkannya 12 larangan ihram yang merupakan Rukun Umrah terahir. Nabi Muhammad SAW bersabda : “Semoga Allah merahmati orang-orang yang telah bercukur”. Para sahabat bertanya: “Yang memendekkan rambut, wahai Rasulullah?” Beliau bersabda: “Semoga Allah merahmati orang-orang yang telah bercukur”, Para sahabat bertanya lagi: “Yang memendekkan rambut, wahai Rasulullah?” Beliau bersabda: “Semoga Allah merahmati orang-orang yang telah bercukur”, Para sahabat bertanya: “Yang memendekkan rambut, wahai Rasulullah?” Beliau bersabda:”Dan orang-orang yang memendekkan rambut” (Muttafaq ‘alaih). Tahallul ditandai dengan memotong sedikit rambut atau memendekkan rambut kepala bagi jama’ah laki-laki, sedangkan bagi jama’ah perempuan dilakukan dengan memotong sedikit rambut atau tiga helai rambut bagian belakang sepanjang jari tangan. Memotong rambut dapat dikerjakan sendiri-sendiri sesame jenis, atau bagi perempuan harus dipotong oleh mahromnya dan dilarang memotong rambut orang lain sebelum dirinya tahallul .

Begitu kami bertiga selesai berTahallul, tiada kata yang terucap selain ucapan “Alhamdulillah Rabb Al-Amiin” sebagai ungkapan rasa syukur atas terselesainya ibadah Umrah untuk memenuhi panggilan Ilaahi sebagaimna telah diniatkan sejak dari tanah air tercinta. Untuk selanjutnya kamipun kembali ke Hotel untuk beristirahat, sebelum ke kamar saya mengantarkan Rama ke kamar keluarganya yang kebetulan bersebelahan dengan kamar saya dan Pak Ridwan. Begitu dikamar saya membersihkan badan kemudian ganti dengan pakaian sehari-hari dan dilanjutkan dengan istirahat.