Sunday, October 31, 2010

MANASIK UMROH

Manasik bertujuan untuk memberikan panduan bagi jama’ah tentang teknis perjalanan, teknis pelaksanaan ibadah serta sarana silaturrahmi antar jama’ah. Tanggal 7 Agustus 2010 pukul 10:00 BBWI Manasik untuk jamaah Umroh Ramadhan 1431H yang bertempat di lt.2 kantor Mabruro Group dimulai. Sebelum Manasik dimulai setiap Jamaah diberi Buku Panduan Manasik, Daftar Jama’ah, Daftar Room List Hotel serta Agenda Perjalanan.

Dalam Manasik Umroh ini, dibagi menjadi beberapa session, yaitu diawali dengan spirit motivation kemudian dilanjutkan dengan penjelasan lokasi tujuan, panduan teknis pelaksanaan ibadah serta tanya jawab dan terakhir penjelasan tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan selama pelaksanaan ibadah yang diantaranya adalah:
- Kartu Identitas Umroh
- Obat-obatan dan vitamin
- Ihrom, jaket, baju muslim dan pakaian secukupnya
- Kacamata hitam, masker, payung, pelembab kulit, lips ice ( Ketika Ramadhan 1431 H, Tanah Suci pada puncak musim panas dengan suhu sekitar 48 – 58 derajat celcius )
- Handphone beserta chargernya & Voucher Perdana setempat setelah tiba di Tanah Suci

Melalui katalog jama’ah dan saling bersilaturrahmi bisa diketahui biodata Jama’ah & Roomlist Hotel yang satu group dengan saya, yaitu :
- Room 1 (double) : Suharyanto Ahmad & Sukatinah Suratman (Suami Istri)
- Room 2 (double) : Ridwan Akhyat & Sri Purwati (Suami Istri)
- Room 3 (double) : Agung Sudiyono & Roudlotul Jannah (Suami Istri)
- Room 4 (double) : Purwanto Nugroho & Agnye Devi Yustita (Suami Istri)
- Room 5 (Triple) : Hamam Nasihuddin, Ridwan Sarim & Guide / Mutowwif
- Room 6 (Quad) : Arief Prawiro, Umanah Muslimah (Suami Istri)
& Achmad Badjuri & Nurul Masyitoh (Satu Keluarga)
- Room 7 (Quad Sahring) : Teguh Wijayanto, Lina Indarti, Rama Ananda, Excelentia Aulia, Giarti & Mursit Karto (Satu Keluarga)

Dan dengan Manasik ini juga, saya dan para Jama’ah Umroh awal Ramadhan lain-nya sudah mempunyai gambaran tentang bagaimana perjalanan selama Umroh, yang kurang lebih sebagai berikut :
- Hari ke-1 : Surabaya – Brunei – Jeddah – Madinah
- Hari ke-2 : Madinah, Ziarah Dalam (Makam Baqi, Makam Rasul, Roudloh, Pengenalan Lingkungan Masjid Nabawi)
- Hari ke-3 : Madinah, Ziarah Luar (Masjid Quba, Masjid Qiblatain, Masjid Sab’ah, Jabal Uhud, Kebun Kurma, Percetakan Al-Qur’an)
- Hari ke-4 : Madinah - Masjid Bi’ru Ali - Mekkah (Umroh I)
- Hari ke-5 : Makkah (Ibadah Mandiri)
- Hari ke-6 : Makkah, Ziarah & Umroh II (Arafah, Jabal Rahmah, Mudzdalifah, Mina, Jabal Nur, Jabal Tsur, Masjid Fatimah/Ji’ronah untuk Miqot Umroh II)
- Hari ke-7 : Makkah (Ibadah Mandiri)
- Hari ke-8 : Makkah – Jeddah (City Tour) – Brunei
- Hari ke-9 : Brunei (City Tour) – Surabaya

Sekitar pukul 12:30 Manasik selesai dan sebelum pulang setiap jama’ah mengambil perlengkapan Umroh yang sudah disediakan oleh pihak Travel yaitu : Ihrom, Tas Trolly & Tenteng, Seragam Mabruro dan Buku Do’a. Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamiin . . .