Tuesday, November 23, 2010

MASJID NABAWI

Kamipun memasuki pelataran Masjid Nabawi dan menuju Makam Baqi melalui pelataran sebelah kiri jika kita menghadap kiblat. Masjid Nabawi adalah Masjid kedua yang di bangun Nabi Muhammad SAW setelah Masjid Quba' dan sebagai salah satu Masjid terpenting bagi umat Muslim selain Masjidil Haram dan Masjidil Aqsha. Masjid Nabawi awalnya dibangun oleh Nabi diatas tanah yang dibeli Nabi dari yatim bersaudara, Sahl dan Suhail bin Amr dimana unta Nabi berhenti di tanah tersebut ketika perjalanan Hijrah dari Mekkah ke Madinah. Kemudian disalah satu sisi Masjid (sebelah kiri jika kita menghadap kiblat) dibangun rumah Nabi, yang beliau tempati bersama Siti Aisyah hingga beliau wafat, dan ditempat itu pula beliau dimakamkan.

Masjid yang awalnya hanya seluas 50 m2 ini, setelah mengalami beberapa kali renovasi sekarang menjadi sebuah Masjid Super Megah dengan luas bangunan 100.000 m2 dan pelataran seluas 135.000 m2 yang dapat menampung sekitar 500.000 jama’ah.

Beberapa keutamaan masjid Nabawi adalah :

Satu kali Sholat di Masjidku ini, lebih besar pahalanya dari seribu kali sholat di Masjid lain kecuali Masjidil Haram. Dan Sholat di Masjidil haram lebih utama seratus ribu kali sholat di Masjid lainnya (HR. Ahmad)

Barang siapa Sholat di Masjidku empat puluh kali tanpa putus, akan terbebas dari neraka dan siksa serta terhindar dari kemunafikan (HR. Ahmad dan Thabrani)

Tidak perlu disiapkan kendaraan kecuali tiga buah Masjid, yaitu Masjidil Haram, Masjidku ini dan Masjidil Aqsho (HR. Bukhori Muslim dan Abu Dawud)

Setelah berjalan menyusuri pelataran sebelah kiri Masjid Nabawi, kami berhenti disebuah tanda memanjang yang menunjukkan batas Shof dari sholat. Ditempat ini jika menuju ke sebelah kiri adalah Makam Baqi’ dan jika menuju ke sebelah kanan adalah Rumah Siti Aisyah yang didalamnya ada Makam Beliau beserta dua sahabat beliau Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Umar bin Khottob. Karena tidak bisa masuk ke Makam Baqi’ (Makam Baqi ditutup bagi umum begitu memasuki waktu Dhuha), maka kamipun melanjutkan untuk Ziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW.