Tuesday, November 23, 2010

FAJAR DI KOTA NABI

Saya terbangun sekitar pukul 02:30 KSA, kemudian membangunkan Pak Ridwan dan Mas Bahar Guide yang satu kamar dengan saya. Sesudah mandi kami pun turun ke resto room bergabung dengan Jama’ah yang lain untuk sahur bersama puasa Ramadhan hari yang ke-5. Untuk Menu baik berbuka maupun sahur selama di Madinah disediakan pihak catering dengan menu Indonesia, yang sebagian karyawannya juga berasal dari Indonesia.

Sesudah itu kami berangkat untuk Sholat Subuh berjama’ah di Masjid Nabawi. Sebelum masuk Masjid, saya sempat membeli Al-Qur’an yang ditawarkan oleh penjual yang ada disekitar pelataran Masjid untuk di wakaf-kan di Masjid Nabawi. Sesaat kemudian kamipun berjama’ah Sholat Subuh dengan Imam Masjid Nabawi yang mempunyai bacaan Al-Qur’an yang sungguh mengagumkan sehingga membantu untuk menuju kekhusyu’an di dalam Sholat. Seusai sholat subuh dilanjutkan dengan sholat jenazah (di Masjid Nabawi setiap selesai sholat fardlu pasti diikuti dengan Sholat Jenazah). Sesuai itu saya lanjutkan dengan membaca Al-Qur’an (sesuai dengan pesan Bapak, bahwa selama di Haromain agar bisa menghatamkan Al-Qur’an). Setelah cukup, saya dan Pak Ridwan kembali menuju Hotel untuk persiapan agenda ziarah. Sesampainya dipelataran Masjid saya sempatkan melihat-lihat pedagang yang ada, dan mengambil foto di tugu yang ada di depan Masjid Nabawi termasuk dengan anak-anak Madinah yang sedang bermain.

Dua jam kemudian semua jama’ah sudah berkumpul di lobi hotel untuk melakukan agenda Ziarah Dalam yang dipimpin oleh Mas Bahar sebagai Guide. Agenda untuk ziarah kali ini adalah Ziarah Dalam yaitu : Pengenalan Masjid Nabawi, Ziarah ke Makam Baqi, Ziarah ke Makam Rasul dan Roudloh.